Kamis, 02 Mei 2013

24 jam di Kereta Antara Bangsa dari Butterworth ke Bangkok


Sebagai pecinta kereta api *tsaah, aku berusaha kemanapun aku pergi harus nyobain keretanya hehe. Termasuk trip aku ke Bangkok ini juga. Udah diceritain kan di postingan sebelumnya gimana rencanaku. Nah sekarang aku mau cerita tentang kereta dari Butterworth (Malaysia) ke Bangkok (Thailand). 
Kereta dari Butterworth ke Bangkok ini ternyata salah satu kereta favorit para backpacker buat menuju Bangkok tanpa menggunakan pesawat terbang. Mungkin kalian mikir kalo selama diperjalanan bakalan bosen banget, setelah aku coba ternyata itu salah besar :P 

Kereta Antara Bangsa atau International Express (Train no. 36) berangkat dari Butterworth jam 14.30 waktu Malaysia dan dijadwalin tiba di Bangkok jam 10.30 waktu Bangkok. Hmm sekitar 20 jam lah ya di kereta. Kalo buatku yang suka kereta ini emang seneng banget bisa ada di kereta selama itu hahaha. Tapi buat yang ga suka mungkin itu bakalan ngebosenin banget. 
Dari Butterworth, kereta ini cuma bawa dua gerbong aja. Gerbong nomor 9 dan 10. Baru setelah sampe Hat Yai, gerbongnya digabung sama gerbong yang lainnya. Mungkin biar ga ribet pas di perbatasannya kali ya, kalo cuma dua gerbong kan penumpangnya gak begitu banyak hehe.
Oh ya, dari Butterworth sampe Padang Besar (perbatasan Malaysia-Thailand) kereta ini ditarik sama Lokomotifnya KTMB, selepas Padang Besar ke Bangkok lokomotifnya pake punyanya SRT. di Stasiun Padang Besar kita harus turun buat ngurus imigrasi, gak lama kok cuma sekitar 10 menitan. Di Stasiun ini ada beberapa kedai makanan, mending beli dulu buat nahan laper daripada harus nahan laper 3 jam sampe Hat Yai :P

Selama perjalanan Butterworth-Hat Yai kita bisa lihat gimana perbedaan antara Malaysia sama Thailand (di bagian selatan). Yang aku liat, di Malaysia pembangunannya lagi gencar banget dilakuin, hampir sepanjang jalan dari Butterworth ke Padang Besar KTM (Kereta Tanah Melayu) lagi buat proyek double track, di Malaysia juga ga ada perlintasan kereta api sama jalan raya. Semua dibuat fly over atau viaduct. 

Bakalan kerasa beda setelah lewat stasiun Padang Besar, rel punya SRT mungkin masih r42, kereta jalannya ga begitu halus, semak-semak di pinggir rel juga lebat banget, sering kaca jendelaku kena ranting-ranting pohon :/
Tapi taspatnya SRT masih lebih cepet daripada KTM. 
Emang gak ada pemandangan yang bagus kaya di Indonesia kalo kita naik kereta, sepanjang jalan cuma sawah, sawit, sama hutan. Tapi bagiku bisa naik kereta dari selatan Thailand sampe Bangkok itu ngasih pengalaman banyak banget. Aku jadi bisa bedain karakteristik orang Thailand selatan sama yang lainnya sampe aksen bahasa mereka yang juga beda sedikit.

Jam 18.30 kereta tiba di Hat Yai, dari sini dua gerbong tadi digabung sama gerbong yang lainnya. Dua gerbong terakhir kan gerbong no 9 sama 10. Isinya lebih internasional. hhehe. Di dua gerbong ini kita masih bisa denger orang ngomong bahasa inggris, ya karena penumpangnya juga lebih variatif dan mayoritas wisatawan-wisatawan asing. Di gerbongku aja ada yang dari Jerman, Inggris, Singapura, sama Jepang. Beda sama gerbong 8-1. Isinya hampir orang Thailand semua yang berangkat dari Hat Yai. 

1 jam setelah lepas dari Hat Yai, kira-kira jam 19.30 posisi tempat duduk mulai dirubah ke posisi tidur. Iya tidur, namanya juga sleeper train. hehe.
Karena cuma 2nd class sleeper train, jadi privasi emang gak begitu se-private di 1st class yang di kabin-kabin. Tapi masih ada tirai kok tenang aja, kita masih bisa tidur pulas :P
Ada dua jenis tempat tidur, lower berth sama upper berth. Lower berth ini harganya lebih mahal karena emang ruangnya lebih luas sama ada jendelanya. Beda sama yang di atas ruang nya lebih sempit sama ngga ada jendela. Kalo pergi sendirian, mending pilih yang lower berth aja ;)

Niatnya sih ga tidur, pengen liat keluar jendela terus. Tapi, saking capenya aku ketiduran dan bangun-bangun udah jam 2 pagi, ga tau deh itu jam 2 pagi sampe dimana. Tidur lagi dan bangun jam 6.30. Di ujung setiap gerbong ada 2 toilet dan 2 wastafel. Pas pagi-pagi ini bagian ujung gerbong lumayan rame sama orang yang mau ke toilet dan cuci muka sama gosok gigi. Lanjut tiduran lagi sambil liat suasana pagi daerah Thailand tengah, pagi itu cuacanya rada mendung. Kayaknya semalem abis hujan. Pemandangannya Cuma kebun kelapa, tambak sama beberapa rumah aja. Jalanan juga sepi, mungkin karena efek libur Songkran jadi gak banyak orang yang beraktifitas di luar rumah.

Jam 8 pagi, tempat tidur dirubah lagi ke posisi duduk. Kalo masih males duduk, minta aja sama petugasnya biar ga dirubah. Telat hampir 2 jam, jam 8.30 baru sampai Hua Hin, aku nyempetin turun dari gerbong dan foto-foto disini. Aku sendiri emang suka sama stasiun Hua Hin, bentuk bangunannya bagus dan bersih. Sama ada bangku-bangku kayu buat penumpang yang nunggu kereta. FYI penumpang kereta di Thailand masih bisa masuk ke stasiun dengan bebas, dan nunggu kereta di peron dekat rel. beda sama Indonesia dan Malaysia yang udah “ketat” untuk urusan ini.

Sepanjang jalan suasana Songkran udah kerasa banget, bahkan keretaku aja sering di siram air sama anak-anak di jalanan. Ada yang pake semprotan air biasa ada juga yang niat banget nyemprot pake selang gede. Untungnya keretaku AC jadi jendelanya ga bisa dibuka dan airnya gak masuk. Bayangin aja kalo naik 3rd class yang jendelanya hampir dibuka semua pasti udah basah kuyup. Hehe
Suasana Songkran makin kerasa apalagi kalo udah deket Bangkok. Jalanan sepi. Jam 13.00 akhirnya sampai juga di Hua Lamphong. Antara sedih sama seneng sih, sedih karena naik keretanya udahan dan seneng karena udah sampe Bangkok hahaha.

Kesan pertamaku naik keretanya SRT adalah puas, puas banget malahan. Service mereka bagus dan niat. Hmm emang sih secara fasilitas, prasarana jalan sama armada PT. KAI masih jauh lebih maju dari SRT, tapi pelayananya itu lho yang bikin betah dan gak kerasa cape di jalan. Petugasnya pun ramah-ramah, biar mereka ga pinter-pinter banget bahasa inggrisnya, tapi kalo dimintain tolong mereka bakalan dengan senang hati bantu kita. Nah bagusnya lagi semua fungsi di kereta mereka bisa berjalan dengan baik, AC dingin, pintu otomatis jalan dll. Salut deh sama State Railway of Thailand. Mungkin ini Cuma refleksi aja, SRT bisa kaya gitu, kenapa kita ngga? :D

Ini dia beberapa foto selama perjalananku dari Butterworth ke Bangkok


Kereta Antara Bangsa/International Express Butterworth - Bangkok 



Berhenti di Stesen Padang Besar, perbatasan antara 

teman baru, Coach Surfing dari KL

Siang hari dalam posisi duduk

Sampai di Hat Yai Junction

Lower Berth dan Upper Berth

Elyza, Nick sama Danish :)

Bangun tidur narsis dulu hahaha :P


Tiba di Hua Hin


Restaurant Car, full AC

Tiket Intl Express, thanks buat Anisa sama Wahyu yang udah mau saya repotin buat bayar dan nuker tiket ini di Sentral KL :P 

Setelah 24 jam di kereta, akhirnya sampai juga di Hua Lamphong, Bangkok


43 komentar:

  1. itu harga tiketnya berapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. RM 111.90 sekitar Rp. 350.000 untuk 2nd class lower berth. Kalo yang upper lebih murah, beda 30.000 aja sih hehe

      Hapus
  2. bagaimana kalo sebaliknya? dari bangkok ke butterworth? ada jadwal? dan harga sama? thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereta Antara Bangsa no 35 / IE 35 Bangkok - Butterworth berangkat dari Hua Lampong jam 14.45. Harga tiketnya sama aja, kalo di Baht sekitar 1000 Baht lebih.. silahkan mas cek di web time table sama fares nya State Railway of Thailand http://www.railway.co.th/checktime/checktime.asp?lenguage=Eng

      Hapus
  3. Bang dari butterworth ke kl tiketnya juga beli di butterworthnya? berapa harganya, total dari bangkok sampail KL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy dari Butterworth ke KL beli online dari Indonesia. yang First class RM 67, sekitar Rp. 200.000 waktu saya kesana. Silahkan cek di web nya KTMB.
      dari KL-Bangkok RM 179. Kalo pilih kelas yang lain bisa lebih murah atau malah lebih mahal

      Hapus
  4. Asyik juga nih, jadi pengin tapi rutenya Singapore-KL-Bangkok,kira2 berapa hari ya ??Berapa harga tiket KTMB nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 harian.. tiketnya tergantung kelas yang dipilih

      Hapus
  5. IE 35 gak bisa booking online ya bro??
    nyari di situs KTMB n SRT gak ada IE 35 bangkok-butterworth
    klo di KTMB adanya cuma KL-Hatyai

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kereta Thailand gak bisa booking online lagi sekarang.. solusinya cuma beli di stasiun aja hehe.
      Kalo buat IE 36 bisa booking via email ke KTMB. Nanti bayar sebelum berangkat tapi IE 35 karena berangkat dari Bangkok jadi gak bisa, harus beli di Thailand

      Hapus
    2. Bro, itu nanti bayarnya pada saat di stasiun keberangkatan ya

      Hapus
  6. mau tanya klo dri tengah kota mau ke pngkalan ferry d penang (buat nyebrang k butterworth) pke apa?bis kah?ato bs jalan kaki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik bis aja, kalo gak salah ada bis yang free (aku lupa namanya) haha. Jalan kaki lumayan

      Hapus
  7. mas, itu kalimat mas yang ada di foto tiket kereta "terimakasih kepada kedua teman mas yg sudah membelikan tiket di kl sentral". itu kan tiketnya pas songkran ya? belinya jauh jauh hari atau langsung cus pas mau berangkat mas? mohon bantuannya ya, tahun depan aku juga ngejar songkran coz tiket promo airasia mihil bingit mas :( , mas ada fb atau twitter ? trims

    BalasHapus
  8. jadi gini, untuk tiketnya aku booking via email di KTMB (keretapi tanah melayu berhad) keretanya Malaysia karena keretanya Thailand sejak 14 januari udah gak bisa online booking lagi. untungnya buat kereta Intl Expres dari Butterworth bisa pesen dari Malaysia. kalo Intl express nya dari Bangkok gak bisa, harus beli di Thailand.
    Udah pesen di email kan, kita sebutin nama, no passpor, kursi nya (lower apa upper) berapa orang, nanti mereka kasih kode booking. untuk pembayarannya bisa dibayar di hari H maksimal jam 12 (kereta berangkat jam 14.20) di stasiun butterworth. tapi karena aku takut knp2, kmaren minta tolong temenku yg di KL buat bayarin tiketnya sebelum aku tiba di butterworth. gitu hehe.

    BalasHapus
  9. facebook.com/adtyngrh twitter @adtyngrh

    BalasHapus
  10. maylita r. meliala25 Oktober 2013 pukul 16.57

    wah bagus banget infonya...
    okay makasih ya :)
    jadi pengen coba kereta ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak mbak :) ayo ayo dicoba, nanti jangan lupa berbagi pengalaman serunya hehe

      Hapus
  11. Mas, saya coba online booking dari Butterworth to Bangkok di website KTMB kok tidak bisa ya (tertulis no train on schedule), mohon penjelasan proses booking online-nya... Saya rencana butterworth to Bangkok minggu depan... Advise saya tunggu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kereta Intl Express itu punya SRT, bukan punya KTMB jadi pasti ga ada di sistem online mereka. Perjalanan dari Bangkok ke Butterworth cuma bisa dibeli di stasiun2 SRT/stasiun yang ada di Thailand. Sebaliknya, Butterworth-Bangkok bisa dibeli di Malaysia via telp, email dan penjualan langsung. Bukan via online booking. Kalo booking via email, nanti dikasih kode booking buat bayar. (Bisa dibayar di Butterworth pada hari H sebelum jam 12, atau bayar di KL Sentral)

      Hapus
  12. mas namaku mitha
    mau tanya dong mas adit... kalau dari kl sentral ke butterworth nya tiket harganya berapa?
    trus bisa langsung beli di kl sentralnya atau harus booking pakai email?
    sama dari butterworth ke bangkoknya bisa langsung pesen di kl sentral atau harus booking by email? tolong di jawab ya maaas... thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 2nd class RM 34, first class RM 67. Semua bisa pesen di KL Sentral.. :)

      Hapus
  13. halo mas, saya mau tanya dong kalo dari bangkok itu beli tiketnya langsung di hua lamphong ya?dari bangkok ke stasiun bisa naik apa ya?harganya berapa?
    satu lagi mas, dari butterworth ke KL ada bus kah?
    hehehe maaf banyak tanya, mohon jawabannya ya mas, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di Hua Lamphong (main stationnya Bangkok) mbak, ke Hua Lamphong bisa naik MRT, Taksi, bis atau kereta itu sendiri tergantung mbak dari Bangkok mananya

      dari Butterworth ke KL banyak bis, terminalnya langsung di depan stasiun Butterworth juga

      Hapus
  14. waaah nice share mas. kebetulan lagi cari2 info buat perjalanan dengan kereta dari KL-Bangkok. makin semangat mau cobain nai kereta, meskipun jam tempuhnya lebih lama ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas, gimana udah coba keretanya?

      Hapus
    2. mau tanya, saya lg menginap di perak road, penang. terus pengen beli tiket dari butterworth ke bangkok. gimana ya caranya. saya harus ke malaysia dulu kah? atau bisa pesen online? kalau online nama webnya apa ya. setiap hari keretanya selalu ada kah? makasih mas.

      Hapus
  15. mas kok keren sih. aku jadi tertarik nih bisa traveling ke bangkok lagi. doain ya mas, ntar aku tanya-tanya boleh ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih hehe. silahkan tanya-tanya aja, saya jawab sebisa saya

      Hapus
  16. mas sorry nih tp aku msh blm ngerti bgt
    .itu km duduk di kursi pas mau tidur baru pindah ke lower berth atau pas naik langsung duduk di lower berth?..aku lg belajar di malaysia skrng..rencana kesana minggu depan buat 2 hari aja,jd aku harus beli tiket dimana ya? mau langsung beli buat.pergi dan balik lg ke malaysia..mhon bantuannya mas..makasih

    BalasHapus
  17. Aku mau pake kereta ini bulan November nanti.. Horeeeee.... Kayaknya seru yaaaa.. Can't wait. :-)

    BalasHapus
  18. Mas aditya..pertama x yaa holiday nya?

    BalasHapus
  19. Mas aditya..pertama x yaa holiday nya?

    BalasHapus
  20. wahh lama juga ya gan , tapi makasih buat informasinya ..

    BalasHapus
  21. Kalo naik kereta dari hatyai ke bangkok berapa ongkosnya?

    BalasHapus
  22. mas/mb tnya y sy kn mw ke bangkok via malaysia klo sy naik ets dari KL sentral-Padang besar, trs dari pdg besar ke bangkok naik ap y? krta kah atau bis? biayany brp n brp lama? mohon bantuannya ya.. makasih bnyk

    BalasHapus
  23. mas adit numpang nnya ya hehh..sy kn mw ke bangkok via malaysia klo sy naik ets dari KL sentral-Padang besar, trs dari pdg besar ke bangkok naik ap y? krta kah atau bis? biayany brp n brp lama? mohon bantuannya ya.. makasih bnyk

    trs baliknya jg sm rutenya.?

    Balas

    BalasHapus
  24. mas saya mau tanya, saya mau melakukan perjalanan dari penang ke bangkok. dari penang saya harus ke pelabuhan feri kemudian menyeberang sampai di butterworth. beli tiketnya bs langsung di tempat? kemudian, jadwal keberangkatan kereta api dari butterworth ke bangkok nya jam berapa saja? sebenarnya nama daerah kita tiba di bangkok apa mas, kota bangkok atau apa mas? nah kalau sudah tiba distasiun itu kita mau ke daerah Pratunam naik apa ya? dan saya mohon dibantu berapa biaya perjalanan masing2 mas mulai dari ke pelabuhan feri sampai tiba di bangkok nya.. terimakasih banyak mas.

    BalasHapus
  25. Bro boleh tanya... Jam brp aja kereta api dr butter ke bangkok... Trus di padang besar ngapai aja

    BalasHapus
  26. Soal nya tgl 2 juli aku mau tes ke sana lwt kereta api

    BalasHapus
  27. What are the best casinos to play in 2021?
    Which casinos offer slots? wooricasinos.infohttps://access777.com/ Casino Sites. Best casino casinosites.one sites titanium flat iron are those that allow worrione players to try a game from anywhere. The most common online slots

    BalasHapus