Jumat, 27 Juli 2012

KTMB & State Railway of Thailand

bulan Mei kmaren iseng-iseng cari tiket promo Air Asia. Beruntungnya dapet tiket PP CGK-KUL Rp. 252.000 aja hahaha. Niat sebenernya bukan ke Kuala Lumpur si, aku sama sekali ga tertarik sama Kuala Lumpur, tapi karena CGK-BKK mahal banget jadilah beli yang CGK-KUL aja.
Karena masih penasaran sama Bangkok, abis dapet tiket aku masih cari-cari info transport dari Kuala Lumpur ke Bangkok. Nemulah website yang kece banget, semacam blog traveling gitu. Website nya seat61.com. Aku takjub banget sama ini website, info yang dia berikan lengkap banget. Berhubung aku juga suka kereta yakaan, jadi betah-betah aja mantengin ini web hehe.
Nah, abis buka web tadi akhirnya gue dapet pencerahan. Disusunlah itinerary tripku ini, berhubung ini bakalan jadi first trip aku ke luar, jadi aku bener-bener siapin dari sekarang. Ga mau rugi lah intinya mah hehe. Maklum pergi kesananya ala ala ransel, bukan koper.
Liburan ini sebenernya masih lama, masih di April tahun depan. Kenapa April? karena aku pengen lihat Songkran Day di Thailand. Aku kesana sama tiga temen kuliahku, Ronggo, Clara sama Gisel.

Kenapa judul postingan ini "KTMB & State Railway of Thailand" ? itu karena yang paling aku tunggu-tunggu selain jalan-jalan di Bangkok nya adalah ngerasain kereta nya negara tetangga. Operator Kereta di Malaysia KTMB atau KTM Berhad, kalo ga salah kepanjangannya Kereta Tanah Melayu *cmiiw. Sedangkan di Thailand sendiri operatornya State Railway of Thailand.

Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Bangkok sendiri makan waktu dua hari kalo pake kereta (udah termasuk waktu transit di Butterworth). Untung aja aku berangkat awal, jadi masih bisa liat Songkran Day di Bangkok nya hehe.
Buat sampe ke Bangkok, kita pake dua kereta. Yang pertama Senandung Mutiara Kuala Lumpur - Butterworth, yang ini waktu tempuhnya sekitar 7 jam. yaa Setara Jogja - Bandung kalo disini hehe. Di kereta ini ada 3 pilihan kelas, first clas, 2nd class sama sleeper train. Aku pilih yang fisrt class. Penampakannya seperti ini

Source: Flickr *lupa nyomot dari akun siapa* hehe maap yak

Gimana keretanya? bagus kan? formasinya 2-1 hehe. Rasanya ga kuaaaaaat banget pengen naik ini kereta :D oh ya, harga tiket kereta ini dari Kuala Lumpur ke Butterworth RM. 67 atau sekitar Rp 201.000 aja. Murah banget!!

Dari Butterworth ke Bangkok, rencananya aku pake kereta Ekspres Antar Bangsa. Nah yang ini lama perjalanannya, berangkat 14.20 dan baru sampe di Bangkok besok nya jam 12.24 hehe. Tapi gpp, kereta ini sleeper train. Dan emang cuma kelas sleeper train. Aku pilih yang 2nd class, yang first class agak mahal hehe :p emang bagus si. Di kabin-kabin gitu, lebih dapet privasinya #halah. Next trip lagi deh kalo aku jalan-jalannya sama pacar hahaha


Inilah 2nd class sleeper train nya :) Source pic: seat61.com

Mau lihat yang first class?


Source Pic: seat61.com

Emang dasarnya aku suka kereta, jadi aku nunggu2 banget trip ini hehehe. Semoga kesampean, umurnya kesampean dan dananya juga mencukupi :))

4 komentar:

  1. Oh ini tho ........ ntar cerita2 yaa pengalaman nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mas yang ini. Skg baru nitip tiket SRT nya ke dosenku yg ngajar di bkk. Srt udah gabisa online booking :(
      Klo itu udah fix dapet tinggal booking yg KTMB deh :)) *curcol*

      Hapus
  2. uwahhh pegen baget bisa kesana juga ,,,,cuman ga ada teman yg dari samarinda yg mau diajak backpaker.an
    kk ada tau gak link online untuk penmesanan tiket kereta dari singapura ke malaysia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang keretanya cuma sampai Johor Bahru aja. Silahkan cek di websitenya KTMB (Keretapi Tanah Melayu Berhad)

      Hapus