Kamis, 17 Maret 2016

Pertama di Singapura, Singapore Tourist Pass atau EZ Link?


Dulu sama sekali ga pernah kepikiran untuk ke Singapura, ah ngapain paling ngebosenin. Ada apa sih di Singapura? Ga pernah sama sekali ada niatan buat pergi ke sana hehe. Sampe akhirnya Januari 2015 lalu ke sana karena (1) mau pake credit flight dari Tiger Air yang udah aku tuker ke penerbangan Singapura – Hat Yai (2) ketemu temen-temen dari NUS. Akhirnya tanggal 11 Januari 2015 aku terbang ke Singapura.
Pasti selalu deg-degan kalau ke tempat baru, waktu landing di Changi juga gitu. Deg-degan dikit. Karena udah baca banyak informasi di group-group backpacker, semua itinerary penerbangan sama bookingan hostel udah aku print buat jaga-jaga kalau ditanya di Imigrasi. Beres urusan imigrasi aku langsung ke stasiun MRT Changi. Jangan khawatir kalau di Singapura semua petunjuk arahnya jelas. Ikuti aja petunjuknya pasti ketemu.
Di MRT Changi ini aku saranin temen-temen buat beli Singapore Tourist Pass. Apa itu? Bisa aku bilang ini kartu sakti kalau ke Singapura. Ada teman yang nyaranin pakai EZ Link (informasi lebih lanjut tentang EZ Link bisa dilihat di sini), tapi aku lebih suka pakai Singapore Tourist Pass ini karena lebih simple dan tentunya lebih murah. Misalnya, pakai EZ Link kita top up SGD 10, nanti makin sering kita naik MRT otomatis saldo kita juga berkurang. Kalau habis ya harus top up lagi. Beda kalau pakai Singapore Tourist Pass (STP), cukup pilih mau beli yang 1 day pass (SGD 20), 2 days (SGD 26) atau 3 days pass (SGD 30) dan kita bisa naik MRT, LRT dan Bis sepuasnya / unlimited. Nah untungnya lagi kalau kita kembaliin kartunya, kita dapat refund SGD 10. Biar makin jelas temen-temen bisa akses informasi tentang STP di sini ya!

Kartu STP yang bisa akses unlimited ke Bus, MRT dan LRT di Singapura


Karena kebiasa pakai BTS atau Metro nya Bangkok, pertama-tama agak pusing juga liat rute metronya Singapura ini hahaha. Tapi seru! Biar gampang, aku juga install aplikasi “Explore Singapore MRT map” dari playstore. Aplikasi ini ofline jadi bisa diakses kapan aja jadi ga pake nyasar-nyasar dulu kalau mau naik MRT hehehe


Untuk pengguna android, bisa unduh aplikasi ini dari PlayStore
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar